SOP

Assalamualaikum Wr.Wb.

Hasil gambar untuk SOP

1. Pendahuluan

    Oke kembali lagi dengan saya,kali ini saya akan membahas tentang apa itu SOP?.

2. Pengertian

   Standart Operating Prosedur (SOP) adalah serangkaian instruksi kerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.

3. Manfaat

* Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.
* Mengurangi tingkatan kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas.
* Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual pegawai dan organisasi secara keseluruhan.
* Meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas.
* Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai situasi.
* Memberikan informasi dalam upaya peningkatan kompetensi pegawai.

4. Tujuan

* Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi.
* Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi.
* Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait.
* Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
* Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan, duplikasi, dan inefisiensi.

5. Fungsi

* Memperlancar tugas pegawai/petugas atau tim/unit kerja.
* Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
* Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah di lacak.
* Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dalam bekerja.
* Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.

6. Keuntungan

* SOP yang baik akan menjadi pedoman bagi pelaksana, menjadi alat komunikasi dan pengawasan dan menjadikan pekerjaan diselesaikan secara konsisten.
* Para pegawai akan lebih memiliki percaya diri dalam bekerja dan tahu apa yang harus dicapai dalam setiap pekerjaan.
* SOP juga bisa di pergunakan sebagai salah satu alat trainning dan bisa digunakan untuk mengukur kinerja pegawai.

7. Referensi

* Buku SOP BLC Telkom Klaten.

8. Kesimpulan

Jadi kita sudah dapat mengetahui apa itu SOP. Karena SOP sangat penting dalam dunia kerja.

9. Penutup

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan, jika ada salah kata saya selaku pembuat minta maaf. Sekian terima kasih.


Wassalamualaikum Wr.Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Daftar Akun Netacad

Apa itu OSI LAYER?

Apa itu Motherboard